Menopause, Pengalaman Seorang Ibu

Menopause, Pengalaman Seorang Ibu

Menopause, Pengalaman Seorang Ibu

Menopause, Pengalaman Seorang Ibu. Usia Menopause merupakan usia peralihan dari usia dewasa ke usia lanjut usia, dari usia serba meningkat dan berkembang dalam berbagai bidang, fisik, karier, keuangan, keluarga, dan pergaulan kearah yang relatif cenderung makin mundur. Pada periode ini, terdapat perpaduan penurunan kondisi fisik dengan permasalahan psikis yang demikian kompleks, sehinga dibutuhkan persiapan-persiapan yang cukup memadai fisik dan mental agar masa ini dapat dilalui dengan baik dan wajar.

Apakah Ada Perubahan Pada Tubuh Wanita?

Perubahan berhentinya haid biasanya tidak terjadi dengan tba-tiba, tetapi sedikit demi sedikit dengan makin bertambahnya usia. Setiap wanita pasti dapat memperhatikanya. Sesudah usia 40 tahunan, pendarahan pada waktu haid makin berkurang banyaknya, dan takala usia semakin meningkat, teraa datangnya haid tidak teratur, malahan saat menjelang berhentinya haid, keaadaan datangnya haid menjadi kacau. Ada kalanya terjadinya pendarahan yang berlebihan, tetapi ada kalanya pula haid tidak datang untuk beberapa waktu, kemudian muncul lagi. Pada masa-masa itulah sering kali seseorang wanita yang sudah mencapai usia pertengahan tiba-tiba saja mengandung lagi. Dikira sudah tidk subur lagi.

Memang agak menganggu bila haid sudah tidak teratur lagi, sehinga wanita harus selalu siap sedia jangan sampai tiba-tiba saja terjadi pendarahan, sedangkan ia tidak siap sedia. Tetapi pada suatu waktu pasti datang saatnya haid berhentii sama sekali. Ini berarti wanita memulai suatu lembaran hidup yang baru. Jadi, ketika haid berhenti, itu bukan berarti wanita itu berhenti menjadi wanita.

Perubahan-perubahan ini terjadi karena adanya hormon mulai berkurang, wlaupun tidak habis sama sekali. Hormon paling aktif membangun sifat kewanitaan ini dan juga paling banyak mengalami perubahan adalah payudara dan vagina. Pada masa-masa ini payudara ini agak membesar. Ini karena lemak-lemak yang berlebihan berkumpul dibagian tubuh wanita. Akan tetapi, stelah haid berhenti, lemak ini akan berkurang dan payudara akan kempis. Dinding vagina menjadi tipis dan produksi lendir oleh kelenjer-klenjernya berkurang, sehinga memerlukan waktu lebih banyak untuk membuat vagina basah.

Menopause, Pengalaman Seorang Ibu, Panik?

Apabila kebanggaan memang hanya berkaisar kecantikan, atau kemulusan tubuh, maka hal ini bisa terjadi menimbulkan panik. Dri penelitian yang diaadakan, wanita yang tersohor kewanitaanya memang sering dilanda kepanikan menghadapi kejadian yang sebenarnya wajar ini. Maka itu terjadilah berbagai benturan, baik bbadaniah, lebih-lebih kejiwaan. Padahal, perubahan-perubahan itu adalah hal yang wajar.

Menopause, Pengalaman Seorang Ibu, Senggama

Perubahan terjadi juga pada lapisan dinding vagina yang memulai menipis. Hal ini bisa diatasi bila suami istri tetap senggama seperti sedia kala. Dinding vagina menjadi tipis, dan tambahan usia mudah lecet, akan tetapi hal ini tidak akan terjadi, apabila kebiasaaan senggama dipertahankan.

Menopause, Pengalaman Seorang Ibu, Menjelang Usia Senja

Menjadi tua, Menopause, bukan sesuatu yang harus ditakuti. Yang penting, bagaimana menghadapinya, bagai mana kita tumbuh dari hari kehari. Seseorang wanita yang menarik, waniita yang bahagia, bukan karena dia tidak mempunyai masalah hidup. Ia bukan tanpa kekurangan, ia tidak terus menerus senyum-senyum saja, ia tau apa itu air mata itu, ia akan mengenal akan derita, ia tau apa nilanya cinta, apakah itu cinta lawan jenisnya, terhadap anak-anaknya, teman-temanya, lingkunganya, sesama anusia didunia ini. Semua itu sekali waktu pasti akan berahir, oleh karena itu, ia menghargai hidup ini, menyadari, bahwa semua akan berahir sehiga tidak terlalu menepatkan nilai-nilai berlebihan pada semua yang bernafas.

Seorang wanita yang menarik adalah tanpa batas usia, ia tumbuh dari hari kehari: She is growing old, not ageing.

Baca juga: Jajak Pendapat Tentang Orgasme

Rate this article!
author

Author: