Cara Mengatasi Rambut Beruban

Cara Mengatasi Rambut Beruban

Cara Mengatasi Rambut Beruban

Cara Mengatasi Rambut Beruban. Uban memang menjadi sesuatu yang wajar pada manusia. Ia datang ketika manusia sudah berada pada usia senja. Namun, datangnya rambut putih diusia muda memang menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang, terlebih lagi bagi kaum hawa. Pasalnya uban identik dengan usia tua dan merusak penampilan. Dengan munculnya uban seseorang akan kelihatan tua dan memperburuk penampilan. Baca juga: Obat Rambut Botak Rontok

Perlu diketahui disaat rambut mulai tumbuh uban, itu menandakan bahwa sel-sel difolikel rambut berhenti memproduksi pigmen paling utama melanin seiring berjalanya waktu, folikel pasti akan kehilangan semua pingmenya, sehinga rambut Anda benar-benar memutih. Berikut ini ada cara mengatasi rambut beruban agar tidak tubuh uban diusia muda.

Cara Mengatasi Rambut Beruban

1. Berhenti Merokok

Survei telah membuktikan bahwa rokok terbukti secara ilmiah dapat mempercepat penuaan pada tubuh manusia. Tidak banyak yang tau bahwa berhenti merokok merupakan sebuah keputusan yang tepat untuk menjaga penampilan Anda. Hal tersebut dengan berhentii merokok dapat meningkatkan sirkulasi dan memperlambat tumbuh uban.

2. Jaga Cairan Tubuh

Menurunya produksi melamin bisa disebabkan oleb banyak hal, salah satunya kurangnya komsumsi meneral tembaga. Maka dari itu, ada beberapa makanan dan minuman yang harus di hindari agar uban tidak muncul terlalu dini, yaitu minuman yang mengandung kafein seperti teh ataupun kopi. Dianjurkan juga perbanyak minum air putih.

Selain memperhatikan asupan makanan, Anda juga harus memperhatikan jenis makanan Anda. Disamping itu, Anda harus menghindari makan-makanan yang mengandung lemak, pedas dan juga asam. Makan makanan seperti itu banyak mengurangi kadar air dalam tubuh dan kelembapan. Seperti yang sudah kitatau kurangnya kelembapan bisa saja menghalangi nutrisimencapa kantung pada rambut sehinga menyebabkan rambut menjadi putih.

3. Tidur dan Istirahat Yang Cukup

Tidur dan istirahat adalah waktu yang baik bagi tubuh untuk melakukan relaksasi dan menurunkan tingkat stres. Di samping itu, dengan mengatur waktu tidur dan isttrihat maka akan membuat Anda nampak awet muda.

4. Makan Makanan Mengandung Vitamin B12 dan Omega 3

Aspan gizi memang dibutuhkan oleh tubuh, termasuk rambut. Maka dari itu, kekurangan vitamin B12 dan Omega 3 akan berakibat fatal bagi rambut, yaitu rambut akan cepat putih.

Untuk mengantisipasinya, perbanyaklah makan makanan yang sarat akan Vitamin B12 seperti telur, keju, sapi, pisang, ikan, daging domba dan ungas. Selain itu, Anda harus memperbanyak makan makanan yang mengandung tembaga seperti kepiting, tiram, minyak biji matahari, kacang mede dan kacang almond.

5. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Untuk melancarkan sirkulasi darah, maka sesekali aja Anda memijat kulit kepala dengan ujung jari setiap hari selama 5-10menit, alangkah lebih baikknya, bila Anda memijat dengan lembut karena aliran darah akan cepat lancar dan tidak akan merusak kulit kepala.

6. Stop Aktivitas Cabut Uban

Seringkali orang risih bila melihat sehelai uban dikepalanya, sehinga ia berusaha menghilangkanya, salah satunya yaitu dengan mencabut uban tersebut.

Pada dasarnya,mencabut rambut uban tidak diperbolehkan dalam dunia kesehatan karena dapat menimbulkan hal-hal buruk, Perlu diketahui bahwa rambut tumbuh dibawah kulit kepala tterdapat banyak saraf di dalamnya. Dengan mencabut rambut, maka sel-sel saraf yang dibawah kepala akan terganggu.

7. Warnai Rambut

Apabila volume antara rambut hitam dengan uban lebih banyak ubanya. Maka, warnailah rambut Anda. Namun yang harus diperhatikan dalam pewarnaan rambut adalah pemakaian pewarnaan rambut alami seperti pewarna yang terbuat dari kemiri dan juga dari biji pepaya.

8. Komsumsi Mikronutrien

Salah satu penyebab lain dari tumbuhnya uban adalah kekurangan mikroutrien tertentu seperti zat tembaga. Zat ini, bisa Anda dapatkan dari berbagai makanan seperti lobak hijau, kacang lima, bayam, berry hitam, nanas, delima, kacang almond, biji labu dan daging.

Nah itulah artikel Cara Mengatasi Rambut Beruban, semoga bermanfaat. Wasalam.

Rate this article!
author

Author: