Usia Boleh Bertambah Tubuh Tetap Sehat

Usia Boleh Bertambah Tubuh Tetap Sehat

Usia Boleh Bertambah Tubuh Tetap Sehat

Meningkatkan harapan hidup suatu masarakat pada umumnya dilihat dari banyaknya anggota penduduk yang berusia lanjut. AAngka kematian bayi dan anak menurun drastis, sementara jumlah kakek dan nenek semakin bertambah. Hal ini menurut pengamat sosial ekonomi, merupakan salah satu indikasi bahwa tingkat kesejahtraan dan drajat kesehatan masarakat semakin membaik.

Kenyataan ini dapat dilihat dengan membandingkan hasil sensus penduduk tahun 1980 dan surve penduduk antar sensus yang di selengarakan pada tahu 1985.  Menurut sensus penduduk 1980, terdapat 6,3 juta jiwa penduduk indonesia yang berusia diatas 60 tahun ( 4% dari jumlah seluruh penduduk). Sementara pada surve tahun 1985, kelompok penduduk pada usia 60 tahun keatas sudah menjapai 6,9%, berarti dalam waktu 5 tahun orang-orang usia pada usia lanjut itu telah meningkat jumlahnya sebesar 2,9% dari seluruh penduduk. Para pengamat sosiial ekonomi kemudian memperediksikan, orang-orang berusia lanjut tersebut akan berlipat ganda jumlah secara drastis pada tahun 2000.

Gejala ini amat tentu mengebirakan, karena kenyataan ini mengisaratkan naiknya harapan hidup Anda, termasuk harapan hidup saya. Namun disisi lain, banyak urang yang berusia lanjut juga akan menimbulkan sejumlah permasalahan sosial dan kesehatan yang cukup serius. Sebab yang namanya usia lanjut tak jarang pula disertai munculnya berbagai penyakit fisik, mental dan sosial. Para orang tua berusia lanjut lalu menjadi orang-orang terasing yang seolah-olah disisikan dari kehidupan masarakat.

Penangulangan

Usahakan memakan-makanan dan cukupi gizi, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, meneral, serat dan air.

author

Author: